Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara membedakan Charger Ori dan KW Pada Smartphone

6 Cara membedakan Charger Ori dan KW Pada Smartphone
Smartphone bisa bertahan lama ketika baterai yang digunakan juga berkualitas baik. Sehingga itulah daya tahan baterai disebut sebagai nyawa semua jenis smartphone. Kenapa? Karena meskipun handphone dijaga dengan baik dari serangan virus bahkan ngechasnya juga bener tapi kalau charger yang dipakai bermasalah maka HP anda akan ikut bermasalah bahkan tidak bisa dipakai lagi.

Oleh karena itu pemilihan/pembelian charger penting sekali untuk dipilih dengan teliti karena banyaknya jenis charger KW yang beredar. Meskipun efek yang ditimbulkan tidak langsung dirasakan pengguna akan tetapi efeknya ini dapat merusak kualitas baterai yaitu memicu baterai ponsel menjadi kembung. Dikarenakan pengisian daya lambat  sehingga menyebabkan suhu ponsel akan meningkat drastis.

Pertanyaannya, bagaimana cara membedakan charger ori dan KW?

Jangan khawatir, modernbisnis akan memberikan cara membedakan charger asli dengan yang KW (Palsu).

1. Bawa Charger Rusak Anda Saat Membeli

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah saat hendak membeli charger adalah bawalah charger asli anda agar mudah untuk membandingkan mana asli dan mana yang palsu.

2. Perhatikan Kaki Colokan Charger

Kaki colokan charger yang asli memiliki garis lekukan atau semacam pembatas yang sangat menonjol, sedangkan charger jenis kw yang sering kita jumpai adalah justru hampir tidak memiliki bentuk lekukan,.bisa dibandingkan yah sob!

3. Perhatikan Kepala Charger

Cara kedua berikutnya adalah untuk mengetahui asli/kw dari bentuk kepala chargernya, bahwasanya ukuran atau bentuk kepalanya lebih pendek dan warna logo/merek HP-nya tidak setajam dengan yang palsu. Artinya changer asli warna logonya lebih redup/samar-samar. Sedangkan yang KW warnanya lebih terang. Makanya ingat step one yah!

4. Perhatikan Kabel USB

Untuk membedakannya sangatlah mudah yah sob, untuk charger palsu biasanya panjang kabelnya sangat panjang dan lebih tebal sedangkan yang ori yah sebaliknya.

5. Bantuan Aplikasi Ampere

Tidak ada salahnya selain memperhatikan tips-tips di atas, anda juga bisa menginstal aplikasi ampere.

Cukup mudah untuk dilakukan, silahkan instal aplikasinya kemudian lakukan pengisian daya baterai smartphone dan anda akan lihat berapa tegangan dan arus yang masuk. Begitu hasilnya/nilainya keluar di aplikasi tersebut maka coba anda samakan dengan apa yang tertulis di kepala charger tersebut.

Kalau nilainya berbeda yang tertera di kepala charger anda maka bisa dipastikan charger itu palsu yah sob! Secara detail anda bisa belajar lengkap cara penggunaan aplikasi ini di youtube agar tidak gagal paham.

6. Ketahui Harga Charger Smartphone

Mungkin diantara kita ketika ingin membeli sesuatu pasti mencari produk/barang yang murah yah sob. Tapi berbicara soal charger tentu tidak boleh sembarangan. 

Oleh sebab itu, sebelum membeli charger di toko atau di marketplace online, alangkah baiknya kalau mencari reverensi terlebih dahulu di Google jenis charger yang mau dibeli mulai dari merek hingga harganya. 

Sehingga ketika menemukan charger dengan murah meriah maka kami sarankan jangan dibeli karena kemungkinan besar itu adalah barang tiruan.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengetahui atau membedakan mana charger smartphone yang asli atau yang palsu. Karena charger yang palsu bisa berdampak buruk terhadap kualitas baterai anda. 

Sehingga cara/tips yang kami rekomendasikan bisa anda terapkan, mulai dari step pertama sampai terakhir. Cukup sekian sob kalau ada yang mau ditanyakan bisa isi di kolom komentar yah!

Posting Komentar untuk "6 Cara membedakan Charger Ori dan KW Pada Smartphone"