Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Aman Dari Malware Berbahaya di Android 2022

 

4 Tips Aman Dari Malware Berbahaya di Android 2022

Belajarmicrosoftoffice.com - Berselancar di dunia maya memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Buktinya dalam sehari mungkin kita tidak mampu tanpa main hp baik berselancar di sosial media atau tujuan tertentu.

Tak dipungkiri seiring canggihnya teknologi maka muncul juga kejahatan (cyber) yang memiliki kepentingan tertentu baik mencuri informasi pribadi, mencuri uang seperti bank palsu, iklan dewasa serta modus lainnya.

Malware/perusak adalah salah satu serangan berbahaya yang memiliki modus tertentu baik ke komputer atau ke telepon (Android) anda. Sehingga perlu berhati-hati ketika menjelajah di internet salah satunya adalah serangan virus dan biasanya  korbannya adalah karena terpengaruh dari hyperlink Berbahaya. 

Apa itu Hyperlink ?
Hyperlink adalah salah satu link palsu/hack yang dibuat sebaik dan semenarik mungkin sehingga orang-orang yang membiasakan diri menerobos link apapun yang menjadi korban.

Untuk itu kali ini saya akan mengajak kalian untuk belajar/mengetahui tips aman terhindar dari segala malware virus berbahaya 2022 yang harus diketahui.

1. Hindari Hyperlink Yang Mencurigakan

Seorang peretas yang tak bertanggung jawab memiliki banyak cara-cara untuk menggelabui pengguna internet/sosmed. Salah satunya adalah menyisipkan malware ke perangkat korban. Sebagian besar malware menerobos ke android anda karena anda klik hyperlink yang mengunduh malware ke android anda.

Beberapa cara mengetahui adanya hyperlink adalah ketika anda membuka salah satu situs dan tiba-tiba pada situs webnya banyak iklan notifikasi yang muncul dan mengajak anda untuk menerima undian. Setelah mengklik iklan tersebut, ada hyperlink yang harus anda klik untuk mengambil hadiahnya.

Jadi ketika anda merasa tidak melakukan apa-apa tetapi banyak iklan jendela pop-up yang menyuruh anda mengakses suatu situs atau ada iklan dewasa yang muncul di notifikasi, Maka anda harus waspada kalau komputer/android anda sudah terdeteksi virus. 

Karena satu hal yang wajib Anda ketahui bahwa situs/website resmi dan terpercaya tidak akan menggunakan iklan jendela pop-up ke perangkat pengguna.

2. Identifikasi Situs Web Mencurigakan

Sebelum anda mengklik suatu web maka selidiki dulu alamat url situs yang digunakan apabila terlihat mencurigakan maka anda harus salin nama webnya terlebih dahulu kemudian tempel ke pencaharian google.

Siapa tahu link yang anda masuki itu adalah link situs palsu. Salah satu contoh ketika anda mencari situs web untuk melakukan registrasi atau login coba perhatikan terlebih dahulu alamat web-nya karena kadang kita sebagai manusia tidak memiliki kesabaran sehingga apaapun linknya langsung terobos begitu saja.

Contoh anda mau buat akun atau login di situs IDCloudHost penyedia domain maka jika anda menemukan di url situsnya yang banyak bla-bla-blanya misalkan idcloudhost.free[dot]com maka sudah pasti itu situs palsu sebab alamat aslinya adalah idcloudhost[dot]com.

Dan ketika anda melakukan pencaharian jenis apapun itu kalau anda menemukan situs web yang memiliki keterangan (Iklan) di bawah judul artikelnya maka anda juga lebih harus waspada dan teliti dari alamat urlnya.

Terakhir ketika anda membuka sosial media salah satunya di aplikasi facebook anda harus waspada karena salah satu situs media sosial kerap menjadi tempat para hack melakukan aksinya adalah di Facebook.

Jadi ketika ada link yang di post oleh orang asing agar anda mengkliknya apakah karena konon ada hadiah atau modus lainnya anda harus lebih waspada. Banyak kejadian yang menyuruh pengguna untuk login ke facebook terlebih dahulu. 

Maka dari itu perhatikan link situsnya kalau berbeda dari situs resmi dari facebook segera anda keluar dan laporkan postingannya sebagai pelanggaran atau scam agar tidak ada korban selanjutnya.

3. Lihat Tanda Gembok Website

Saat anda mengunjungi sebuah web, anda perlu tahu status keamanannya karena sebagian besar browser akan menampilkan ikon gembok terkunci di sebelah kiri alamat url website. Bila anda klik gembok tersebut maka muncul keterangan "secure connection" atau keterangan lain yang menyatakan bahwa situs tersebut aman.

Begitupun juga jika ada simbol peringatan di salah satu situs maka itu pertanda situs yang anda kunjungi kurang aman.

4. Website Yang Terlalu Banyak Iklan

Bila anda menemukan sebuah situs web yang menampilkan terlalu banyak iklan atau kata lain tampilan web nya memang penuh dengan berbagai jenis iklan. Baik iklan judi, iklan yang mengharuskan anda untuk mengisi survei dan iklan dewasa maka ini pertanda situs/web tersebut tidak kredibel.

Apa itu kredibel?
Menurut kbbi kredibel adalah suatu perihal yang terpercaya.

Oleh sebab itu demi menjaga privasi dan menghindari kerugian pada saat berselancar di dunia maya perlu anda ketahui 4 tips di atas. Singkatnya, anda harus selalu wapada pada situs-situs internet.

Bila android terlanjur terkena malware, saran dari Belajarmicrosoftoffice kalau anda harus meresetnya agar malware yang ada di sistem hp segera terhapus. Anda juga bisa memasang aplikasi penghapus virus malware yang terpercaya.

Kesimpulan - Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan ketika berselancar di internet yah untuk menghindari kerugian sendiri baik data pribadi atau hal yang menggangu. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk " 4 Tips Aman Dari Malware Berbahaya di Android 2022"